Sabtu

Di Akhir Waktu


Suatu ketika Kanjeng Nabi Ibrahim bertanya kepada Izrail, "Ya Malaikat Maut, apa yang kau lakukan ketika ada orang yang telah tiba waktunya di Timur dan lainnya di Barat..?". Malaikat Maut menjawab, "Duhai Pesuruh Gusti Allah, nama orang-orang ini tercatat di dalam Lembaran yang Terjaga, Lauh Mahfuzh. Di dalam mana seluruh nasib manusia ditulis. Aku menatapnya tak putus-putus. Ia memberitahuku saat kapan masa hidup setiap makhluq hidup di bumi sampai ke penghabisannya, manusia atau binatang semuanya.


Di sebelah sisiku ada sebuah pohon, yang dinamai Pohon Hayat (Pohon Kehidupan). Ia diliputi oleh dedaunan kecil yang banyak sekali, lebih kecil dari daun zaitun, dan lebih banyak lagi. Kapan saja seorang manusia lahir di bumi, pohon itu menumbuhkan sehelai daun baru, dan di atas daun itu dituliskan nama orang tersebut. Dengan pohon itu aku mengetahui siapa yang lahir dan siapa yang mati. Ketika seorang menjelang mati, daunnya mulai melayu dan mengering, dan ia jatuh dari pohon ke atas Lauh Mahfuz. Lalu nama orang ini dihapus dari lembarannya..."

"Peristiwa ini terjadi 40 hari sebelum kematian sebenarnya dari orang itu. Kami diberitahu empat puluh hari sebelum hari kematian itu tiba, dan orang itu sendiri mungkin tahu dan mungkin tidak tahu dan menjalani kehidupannya dengan penuh harapan dan rencana-rencana. Namun, hanya empat puluh hari yang tersisa dalam hidupnya, dan setelah itu tidak ada lagi ketentuan baginya di dunia ini..."


"Maka aku memanggil arwah mereka lewat dedaunan yang ditumbuhkan oleh Gusti Allah itu, hingga mereka hadir di sini di hadapanku. IA menuliskan di atas telapak tanganku huruf-huruf cahaya, 'Bismillaahirrahmaanirraahiim..Dengan Asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang'. Dan IA memerintahkan kapan saja aku harus mencabut nyawa seseorang yang mengenaliNya, untuk menunjukkan huruf-huruf cahaya itu..yang menyebabkan nyawa mereka keluar dari jasad sebagaimana besi tertarik oleh magnet,....atau seperti cahaya kembali kepada sumbernya..."

Syaikh Muhammad Hisyam Kabbani, mursyid Thariqah Naqshabandy-Haqqani, Amerika Serikat. http://naqshbandi.org/frmteach.htm