Sabtu

Semua Ada Waktunya

"Tertundanya pemberian setelah engkau mengulang-ulang permintaan, janganlah membuatmu berpatah harapan. IA menjamin pengabulan doa sesuai dengan apa yang IA pilih buatmu, bukan menurut apa yang engkau pilih sendiri, dan pada saat yang IA kehendaki, bukan pada waktu yang engkau ingini."


Seringkali kita menggedor-gedor pintuNya untuk segera memberikan apa yang kita minta. Padahal, sesungguhnya IA pasti menjawab doa para hambaNya yang penuh kerinduan dan permohonan yang keluar dari hati yang ikhlas. Rasa butuh yang IA lahirkan di hati kita, dan lisan permohonan akan pertolonganNya sesungguhnya mewujud dari kehendakNya untuk membawa kita mendekat kembali kepadaNya. Maka, waktu dan cara IA membalas doa pun tergantung padaNya.

Yang perlu dilakukan oleh makhluk adalah berdoa, bergantung, dan percaya kepada cara-cara yang maha sempurna dari Sang Pencipta, Sang Pemelihara alam yang tampak maupun ndak tampak oleh panca indera. Gusti Allah senantiasa mengetahui keadaan kita yang sebenarnya, zahir kita, batin kita. Juga kebutuhan-kebutuhan kita serta perbekalan apa yang paling tepat buat kita dalam perjalanan menujuNya. Termasuk pula waktu yang paling tepat untuk kebaikan kita.

Al-Hikam Ibn Atha'illah As-Sakandary (w 1309M). Syarah by Syeikh Fadhlalla Haeri